Hargai Hak Mundur, Jokowi Ungkap Akan Bertemu Mahfud MD Sore Nanti

Kepala Negara pun mengaku keputusan dari Mahfud merupakan hak yang harus dihargai sebagai warga negara yang tengah mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers kepada awak media usai meninjau ketersediaan dan harga sejumlah bahan pokok di Pasar Kota Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, pada Kamis, 1 Februari 2024. Foto: BPMI Setpres/Kris

Wonogiri, Jawa Tengah, EDITOR.ID,- Presiden Joko Widodo menanggapi rencana pengunduran diri Mahfud Md dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di Kabinet Indonesia Maju.

Sejak kemarin Mahfud ingin menemui Jokowi untuk menyampaikan surat pengunduran diri sebagai menteri karena ikut konstestasi Pilpres 2024.

Menurut Presiden, ia akan segera melakukan pertemuan dengan Mahfud Md setelah tiba dari kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah.

“Nanti sore mungkin ketemu dengan Pak Mahfud,” ujar Presiden saat menjawab pertanyaan awak media usai meninjau ketersediaan dan harga sejumlah bahan pokok di Pasar Kota Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, pada Kamis, 1 Februari 2024.

Presiden juga kembali menegaskan bahwa rencana pengunduran diri tersebut merupakan hak bagi setiap jajarannya. Presiden pun mengaku sangat menghargai keputusan tersebut.

“Itu hak dan saya sangat menghargai, saya sangat menghargai,” ucap Presiden.

Sekadar informasi, calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD akan menyampaikan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini.

Mahfud sebelumnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan Menko Polhukam. Mahfud telah menyiapkan surat pengunduran diri yang akan disampaikan langsung kepada Presiden Jokowi.

Pengumuman itu dilakukan kawasan Danau Tirta Gangga, Seputih Banyak, Lampung Tengah pada Rabu (31/1/2024) siang.

“Hari ini saya sudah membawa surat untuk presiden, untuk disampaikan ke presiden langsung tentang masa depan politik saya, yang belakangan ini menjadi perbincangan publik. Dan surat ini akan disampaikan begitu saya mendapat jadwal ketemu presiden. Tapi saya bawa terus karena memang surat ini begitu saya diberi waktu langsung saya ketemu langsung saya sampaikan surat ini,” kata Mahfud dalam pernyataannya di Lampung, Rabu (31/1/2024).

Mahfud belum mengetahui persis kapan dirinya akan diterima Jokowi. Dia berharap bisa secepatnya bertemu Jokowi begitu tiba di Jakarta.

“Maka hari ini (kemarin) saya sudah membawa surat untuk presiden tentang masa depan politik saya,” ujar Mahfud seperti yang disiarkan secara langsung kanal YouTube Mahfud MD Official. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: