Gule Goreng Pak Samin, Unik dan Satu-Satunya Di Solo

  • Bagikan

EDITOR.ID, Solo,- Pembaca yang budiman. Kalau lagi mampir ke Solo, Jawa Tengah, tak ada salahnya mampir untuk mencoba mencicipi hidangan khas Solo, Gule Goreng. Menu unik ini cuma bisa anda dapatkan di Warung masakan daging kambing Pak Samin. Karena Warung pak Saminlah satu-satunya yang menyajikan masakan Gule Goreng di Solo.

Lokasi Warung Masakan Kambing Pak Samin ini berlokasi di daerah Ngarsopuro. Alamat lengkapnya berada di Jalan Diponegoro No. 36, Solo. Sang pemilik warung punya menu spesial yakni Gulai Goreng (gulgor). Gulai dengan tampilan berbeda dan bisa dikatakan sebagai menu yang tidak ada duanya di seantero Kota Solo.

Jeroan kambing digoreng terlebih dahulu dengan bumbu khusus sehingga memunculkan citarasa yang khas. Penyajian dari Gule Goreng Pak Samin ini disajikan dalam dua piring, satu untuk jeroan gorengnya, satunya lagi untuk kuah santan kuning seperti kuah gule biasanya.

Warung Gule Goreng Pak Samin ini sudah buka sejak tahun 1967 yang lalu. Tidaklah mungkin warung ini dapat bertahan begitu lama jika rasa dan kualitas makanannya tidak nikmat dan bercita rasa tinggi.

“Pilihan favorit saya kalo makan di Pak Samin mesti pesen Gule gorengnya, selain lezat juga unik ga ada ditempat lain, kalau datangnya kesiangan bisa-bisa sudah kehabisan. Padahal setiap harinya pak Samin menyiapkan 1-2 ekor kambing,” tutur Dimas, salah satu pelanggan.

Menu masakan kambing Warung Pak Samin di Solo

Mungkin Anda akan sulit membayangkan seperti apa Gulai Goreng itu. Sebenarnya, Gulai Goreng diolah dari gule kuah biasa. Sebelum diolah menjadi gule kuah, jeroan diiris-iris lebih kecil lalu dimasak dengan air santan cuwer (encer) hingga empuk.

Baru setelah itu, santan kental beserta bumbu dicampurkan. Saat ada pesanan, isi gule kuah yang terdiri dari jeroan kambing seperti usus, paru-paru, hati, dan sebagainya diambil dan ditiriskan, baru kemudian digoreng.

Penggorengan dilakukan cukup lama di atas tungku bara arang yang lidah apinya terkadang menjulur hingga ke dalam wajan. Jeroan itu terus dibolak-balik saat digoreng agar benar-benar kering dan renyah.

Gule goreng ini tidak lagi ditambahi bumbu, kecuali sedikit garam. Gorengan yang dihasilkan begitu kering, kadar lemaknya pun nyaris habis. Hasil akhirnya adalah daging goreng kering yang rasanya gurih.

Gule Goreng khas pak Samin (ist)

Kuliner Gulai Goreng ini memang tengah populer dan tergolong eksklusif. Karena, kuliner ini hanya dapat Anda jumpai di Warung Pak Samin saja.

“Daging Gulai Goreng disajikan dalam piring terpisah dengan nasi yang panas mengepul, rasanya wahhh oke banget,” kata Daryono, pelanggan Warung Kambing Pak Samin.

Sementara di piring yang lain, Pak Samin menyediakan kuah gule, yang juga panas. Dari saat Gulai Goreng dimasak saja, sudah tercium wangi nikmatnya.

Begitu jeroan goreng masuk ke mulut, sensasinya pun seperti makan kerupuk, garing. Rasanya pun makin mantap ketika dimakan bersama kuah gule dan nasi panas. Agar makin mantap, Gulai Goreng pasnya dinikmati dengan teh tawar panas untuk menetralkan rasa.

Salah satu karyawan Pak Samin mengaku kerap menerima pesanan Gulai Goreng tanpa kuah untuk kudapan rapat yang diselenggarakan di hotel berbintang.

“Karena selain bisa dimakan bersama nasi, Gulai Goreng ini juga enak untuk camilan, biasanya pembeli memakannya tanpa nasi,” kata staf yang membantu di Warung Pak Samin.

Meskipun andalan warung ini adalah Gule Gorengnya, tetapi kalian juga dapat memesan menu lainnya. Warung Pak Samin ini juga menyediakan menu sate buntel, tongseng, tengkleng dan menu gule lainnya. Jadi jika kalian tidak terlalu suka makan gule, kalian bisa memilih menu lainnya.

Setiap harinya Warung Pak Samin menyediakan 2-3 ekor kambing untuk warungnya. kambing yang digunakan pun hanya kambing yang masih berusia muda.

Harga satu porsi Gule Goreng ini juga cukup murah, hanya Rp25.000 saja satu porsi. Selain murah, rasanya juga juara, dijamin kalian akan ketagihan untuk datang kembali.

Jika sedang berada di Solo, kalian harus memasukkan warung Gule Goreng Pak Samin ini ke dalam daftar kuliner yang harus kalian cicipi. Warung ini buka dari jam 06.30 pagi sampai 16.00.

Minuman yang ditawarkan di warung ini juga ada satu yang spesial, yakni limun sarsaparilla. Yang dijual di sini mereknya Indo Saparella. Minuman jadul ini hadir dengan kemasan botol baru yang unik. (tim)

 225 Total Pengunjung,  2 Pembaca Hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan