Settia

Gempa Guncang Cianjur Warga Berhamburan Getaran Dirasakan Hingga Jabodetabek

Sejumlah bangunan di Kabupaten Cianjur Ambruk menimpa sejumlah benda dibawahnya

Jakarta, EDITOR.ID,- Warga Cianjur Jawa Barat panik dan berhamburan keluar rumah saat gempa bumi mengguncang wilayah ini. Saking besarnya guncangan gempa, getarannya bisa dirasakan hingga di Jabodetabek. Hingga kini warga belum berani masuk rumah.

Gempa bumi membuat gedung Kantor Kabupaten Cianjur sejumlah atapnya mengalami roboh. Plafon yang roboh menimpa mobil yang diparkir dibawahnya. Sejumlah sudut bangunan rusak, kaca pecah.

Dikabarkan ada warga yang terluka tertimpa pecahan plafon akibat guncangan gempa. Sekolah terpaksa memulangkan lebih awal siswa siswinya untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Hingga siang ini warga belum berani masuk ke rumah meski gempa mulai mereda. Warga takut gempa susulan akan kembali terjadi. Gempa juga sempat membuat aliran listrik padam.

“Warga memilih berada di luar rumah dan berkumpul di ruang terbuka, takut ada gempa susulan,” ujar Ujang (40) salah satu warga yang juga ikut berjaga-jaga di lapangan.

Akibat gempa, sejumlah rumah mengalami kerusakan yakni plafon dan genteng roboh. Namun belum ada korban jiwa yang dilaporkan.

Berdasarkan keterangan Akun resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Twitter, gempa bumi bermagnitudo 5,6 SR mengguncang Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11).

Getaran lindu yang terjadi pada pukul 13:21:10 WIB itu dirasakan di Jakarta. Pusat gempa berada di koordinat: 6.84 LS-107.05 BT. Kedalamannya 10 kilometer. Titik gempa itu sekitar 10 kilometer di barat daya Kabupaten Cianjur.

“Tidak berpotensi tsunami,” twit akun @infoBMKG di Twitter.

Efek gempa itu juga dirasakan warga di Bogor, Depok, Jawa Barat, Tangerang Selatan hingga DKI.

Budi seorang warga Bogor yang berada di Jalan Pemuda, mengatakan, dirinya merasakan getaran kuat dari gempa yang berlangsung beberapa saat lalu.

“Getarannya sangat berasa. Kencang,” ujarnya Budi.

Getaran keras juga dirasakan oleh warga Depok siang ini. “Di Depok kuat banget getarannya,” ujar Heri, warga di sekitar GDC, Depok.

Sementara warga Jakarta, Pipit yang berkantor di lantai 10 sebuah gedung di kawasan Jalan Jenderal Sudirman mengaku merasakan getaran gempa yang sangat kuat.

Gempa bumi bermagnitudo 5,6 SR mengguncang Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11), pukul 13:21:10 WIB. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *