Gandeng Pengusaha Kompos, Sonny Bentuk Sistem Peternakan Terpadu di Banyuwangi

  • Bagikan
Gandeng Pengusaha Kompos, Sonny Bentuk Sistem Peternakan Terpadu di Banyuwangi
Gandeng Pengusaha Kompos, Sonny Bentuk Sistem Peternakan Terpadu di Banyuwangi

EDITOR.ID, Banyuwangi,- Dalam dunia Peternakan, kotoran hewan ternak seringkali masih dianggap sebagai limbah, bahkan keberadaannya dianggap menimbulkan masalah akibat baunya yang menganggu.

Persoalan tersebut, ternyata menginspirasi Anggota Komisi Vl DPR RI, Sonny T Danaparamita untuk membentuk sistem Peternakan terpadu.

Sonny menjelaskan, sistem peternakan terpadu ini, tidak hanya untuk produksi dan pembesaran hewan ternak namun juga berfokus pada pengelolahan kotoran ternaknya untuk dimanfaatkan menjadi kompos.

“Di kalangan peternak, kotoran hewan ternaknya itu seringkali hanya menjadi limbah, nah ini juga kadang menjadi masalah karena baunya. Padahal kita tau kotoran hewan ini lah menjadi bahan baku utama pembuatan kompos, itu yang coba kita kembangkan melalui sistem peternakan terpadu ini,” kata Sonny saat meninjau lokasi peternakan terpadu di desa Bulusari, Selasa (12/10/2021).

Dalam membentuk sistem Peternakan terpadu ini, Sonny menggandeng pelaku usaha kompos yang juga berada di desa tempat peternakan didirikan. Nantinya Peternakan milik Sonny akan berkolaborasi dengan pengusaha kompos untuk mengelola limbah kotoran ternak.

“Kita bekerja sama dengan pak Agus, beliau adalah pelaku usaha pembuatan pupuk kompos. Kerja sama ini yang dinamakan terpadu, saling menguntungkan, jadi kotoran hewan di Peternakan tidak lagi dianggap limbah tetapi jadi bahwa baku pembuatan kompos,” jelasnya.

Legislator dari Dapil lll Jatim ini, mengatakan melalui sistem peternakan terpadu ini, tidak ada limbah yang dihasilkan karena semua komponen dapat termanfaatkan, selain itu akan peternakan terpadu ini juga mampu menghasilkan keuntungan berkali kali lipat.

“Jadi tujuan kita membentuk sistem Peternakan terpadu ini, agar tidak ada limbah yang dihasilkan, semua terkelola dengan baik, dan yang jelas melalui Peternakan terpadu ini juga mampu mendongkrak penghasilan,” imbuhnya.

Sonny berharap, sistem peternakan terpadu yang ia dirikan ini, dapat menjadi pilot project, untuk peternak Peternak lain, karena ini adalah salah satu cara paling efektif, untuk mengatasai limbah kotoran hewan.

Selain itu dengan cara membentuk sistem Peternakan terpadu, Sonny ingin mengkampanyekan kepada masyarakat gerakan lestari lingkungan dengan kembali ke organik.

“Kita ingin sistem peternakan terpadu ini menjadi pilot project yang bisa diikuti banyak peternak lain, selain bisa mengatasi persoalan limbah kotoran hewan, ini juga salah satu bagian dalam upaya melestarikan lingkungan,” pungkasnya. (ded)

 1,068 Total Pengunjung,  2 Pembaca Hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan