Settia

Empati Negara Di Dunia Bahu Membahu Bantu China

EDITOR.ID, Jakarta,- Negara-negara di dunia bahu membahu untuk menolong negeri China yang sedang mendapat musibah diserang penyakit virus Corona. Empati demi misi kemanusiaan itu diwujudkan dalam berbagai aksi untuk membantu warga negeri Tirai Bambu ini agar segera pulih dari ancaman Corona.

Seperti Jerman. Negeri di Eropa ini menerjunkan tim ahli medisnya untuk berjuang bisa menemukan vaksin guna penyembuhan pasien yang terjangkit virus Corona. Sementara Indonesia menunjukkan rasa empatinya dengan menyumbang masker ke negeri mitranya, China.

Menteri Riset Jerman Anja Karliczek menyebut bahwa ahli medis negaranya memperkirakan vaksin untuk virus corona dapat dikembangkan dalam beberapa bulan ini.

“Untuk menangani penyakit ini, akan sangat baik jika ada vaksin dalam jangka waktu yang relatif singkat, dan kami berasumsi bahwa vaksin itu akan dapat dimiliki dalam beberapa bulan,” kata Karliczek, Jumat (31/1/2020) sebagaimana dilansir dari Antara.

Karliczek membuat pengumuman itu setelah perusahaan biofarmasi yang berbasis di Tubingen, Jerman, CureVac AG dan Koalisi untuk Inovasi Kesiapan Epidemi (CEPI) menyatakan mereka bekerja sama untuk mengembangkan vaksin melawan virus corona.

Virus corona mulai terdeteksi menjangkiti manusia di Wuhan, Tiongkok, pada Desember 2019, kemudian sejak Januari 2020 mewabah di wilayah itu hingga ke beberapa negara lain di dunia, termasuk Jerman.

Di Jerman sendiri, terdapat total enam kasus infeksi corona hingga Jumat, setelah ada konfirmasi dari negara federal Bavaria di wilayah selatan bahwa seorang anak positif terinfeksi.

Menurut Kementerian Kesehatan Jerman, kasus baru itu terjadi pada anak dari seorang pasien corona yang merupakan pekerja sebuah perusahaan di Munich, di mana empat pekerja lainnya terinfeksi corona.

“Keenam pasien terinfeksi corona tersebut saat ini berada dalam keadaan stabil,” kata Kementerian Kesehatan.

Demi misi kemanusiaan, pemerintah Indonesia telah mengirimkan beberapa masker dan alat kesehatan lainnya kepada China.

Bantuan itu ada yang dikirimkan melalui pesawat Garuda Indonesia ke Beijing dan ada pula yang dibawa langsung pesawat Batik Air saat menjemput 238 warga negara Indonesia dari lokasi episentrum wabah 2019-nCoV Wuhan, Provinsi Hubei, pada Sabtu (1/2/2020).

Sementara itu Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada negara sahabat, termasuk Indonesia yang telah membantu menanggulangi Virus Corona yang mematikan itu.

“Sejauh ini ada 21 negara yang telah membantu kami, yakni Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Kazakhstan, Pakistan, Jerman, Inggris, Prancis, Hungaria, Belarusia, Turki, Iran, Uni Emirat Arab, Aljazair, Mesir, Australia, Selandia Baru, Trinidad and Tobago, dan UNICEF,” sebut diplomat perempuan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *