Settia

Dosen Universitas Widyatama Bantu Warga Cianjur

EDITOR.ID, Bandung – Universitas Widyatama melaksanakan kegiatan tridarma perguruan tinggi, yang salah satunya merupakan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh tim PKM dosen akuntansi Universitas Widyatama Bandung ini, digelar diwilayah Kabupaten Cianjur.

Menurut Koordinator, Dr. Rima Rachmawati mengatakan, bahwa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, dilaksanakan di PAUD Al Latief yang berada di desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

“Kegiatan kami yakni melakukan bimbingan teknis penyusunan laporan keuangan di PAUD tersebut, kami berharap dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini bisa memberikan manfaat yang baik kedepannya,” jelas Dr. Rima, Sabtu (15/8).

Kegiatan juga melibatkan anak-anak siswa PAUD setempat, dengan menetapkan protokol kesehatan penyebaran Covid19.

“Kegiatan dilaksanakan Jumat 14 Agustus kemarin, Alhamdulillah pengelola PAUD dibawah pimpinan Ibu Sri Widaningsih, S.P.d sangat antusias dalam kegiatan pengabdian masyarakat oleh para dosen akuntansi ini,” jelasnya.

Rima menambahkan, bahwa kegiatan ini menitikberatkan kepada pengelola yang menghadapi kendala kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam membuat laporan keuangan.

“Sedangkan laporan keuangan diperlukan oleh pengelola PAUD untuk mempertanggungjawabkan kepercayaan pengelolaan khsususnya dalam hal mengelola keuangan,” jelasnya.

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan berdasarkan permintaan Mita PAUD Al-Latief atas kekurangan yang mereka miliki.

“Di pihak lain Kami sebagai tim pemberi bimbingan merupakan dosen dengan keilmuan akuntansi, sehingga kegiatan ini dapat memecahkan permasalahan yang ada,” paparnya.

Acara sendiri diselenggarakan dengan pendekatan bimbingan teknis dengan aplikasi langsung dengan praktek bagaimana melaksanakan akuntansi.

“Kami melakukan pendampingan mulai dari pembinaan pengumpulan dokumen transaksi sampai ke penyusunan laporan keuangan,” jelasnya.

Tim pembimbing merupakan kelompok pembina dari dosen akuntansi Universitas Widyatama dibawah koordinasi Dr. Rima Rachmawati.

” Tentunya bimbingan teknis ini tidak dapat dilaksanakan dalam satu kali tatap muka. Oleh karena itu perlu dilakukan kembali pembinaan yang akan dilaksanakan secara rutin setiap bulan sehingga tujuan kegiatan ini dapat terlaksana sesuai harapan. Selain bimbingan teknis, acara ini juga diberikan pengarahan tentang protokol kesehatan selama Pandemi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *