Settia

Ditolak Warga, Jenasah Tertahan di RSUD Jombang

EDITOR.ID – Surabaya, Kisahnya adalah ketika selasa (7/4/2020) sebuah mobil ambulance mengantar jenasah dari Rumah Sakit Muji Rahayu Surabaya menuju Desa Kaliwungu, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Namun, sesampainya di batas desa, mobil ambulance itu ditahan warga yang menolak jenasah tersebut.

Akhirnya ambulance dari Lembaga Amil Nurul Hayat itu tertahan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jombang sampai hari Rabu (8/4/2020)

Menurut perwakilan Lembaga Amil Nurul Hayat, Imam Bahtiar, warga takut kalau jenazah yang dibawa untuk dimakamkan itu adalah korban corona atau covid-19.

Padahal, menurut Imam, petugas sudah menunjukkan surat keterangan dari RS Muji Rahayu yang menyatakan jenazah tersebut tidak menderita penyakit menular. Statusnya Dead on Arrival (DOA) atau meninggal secara klinis sebelum sampai di rumah sakit.

“Petugas kami diarahkan untuk visum di RSUD Jombang. Tapi sampai pagi ini belum divisum. Pihak RSUD Jombang menyatakan harus ada keterangan dari dokter yang merawat jenazah semasa hidup,” ujarnya sebagaimana disiarkan radio Suara Surabaya.

“Yang kasihan bukan hanya tim kami. Tapi juga kasihan nasib jenasahnya yang tertahan di armada kami”, pungkasnya. (Tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *