Cegah Covid-19, Polda Metro Jaya Luncurkan Podcast dan WA Binmas

  • Bagikan
soft launching proyek perubahan ditbinmas pmj dalam cegah tangkal hoaks guna mendukung upaya penanggulangan pandemi covid19 diwilkum pmj,
soft launching proyek perubahan ditbinmas pmj dalam cegah tangkal hoaks guna mendukung upaya penanggulangan pandemi covid19 diwilkum pmj,

EDITOR.ID, Jakarta,– Jajaran Kepolisian Daerah Metro Jaya (Polda Metro Jaya) terus berupaya memanfaatkan teknologi digital dan media sosial untuk meningkatkan kinerjanya. Hal ini dalam rangka beradaptasi dengan kemajuan teknologi siber saat ini.

Kali ini Polda Metro Jaya meluncurkan (Soft Launching) Proyek Perubahan Direktorat Bina Masyarakat (Ditbinmas) PMJ berupa Podcast Bhabinkamtibmas dan WhatssApp hotline Binmas PMJ (BANGBIN PMJ).

Program Podcast Bhabinkamtibmas dan WA BANGBIN PMJ dihadirkan guna mendukung upaya penanggulangan Pandemi Covid19 di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Dalam program ini kami membuat WA BANGBIN PMJ, aplikasi pesan ini adalah sebuah inovasi berupa nomor WA dengan akun bisnis dimana didalamnya terdapat galeri yang menyampaikan pesan kepada masyarakat,” ujar Dirbinmas PMJ Kombes Pol Badya Wijaya, SH. MH disela-sela kegiatan Soft Launching Proyek Perubahan Ditbinmas PMJ, di Aula Biro Rena Gedung Promoter, Jakarta Selatan, Jumat (1/9/2021)

Dalam WA BANGBIN PMJ nanti akan dilengkapi penyebaran beraneka informasi yang lengkap seputar kegiatan dan kinerja Ditbinmas PMJ. Diantaranya informasi berupa infografis, meme, videografis tentang Hoaks dalam Pandemi Covid19 yg dibuat oleh Ditbinmas PMJ. “Juga informasi dan kegiatan Ditbinmas PMJ,” tuturnya.

WA BANGBIN ini juga akan menghubungkan dengan platform medsos Biro SDM PMJ tentang info rekrutmen anggota Polri PMJ. “Sehingga masyarakat atau pengguna WA bisa mendapatkan informasi yang luas dan lengkap,” katanya.

WA ini juga akan menghubungkan dengan platform Direktorat Lantas PMJ yang memberikan akses informasi seputar pelayanan masyarakat dan informasi Sistem Lalu Lintas Berbasis Elektronik.

WA ini juga akan disetting untuk menghubungkan dengan platform Bidhumas PMJ tentang perkembangan dan informasi penerangan masyarakat. “Sehingga masyarakat dapat informasi yang benar terkait kabar dari PMJ,” paparnya.

Aplikasi medsos WA Polda ini nantinya akan ngelink yang menghubungkan ke platform medsos yang dimiliki oleh Kemenkominfo ttg klarifikasi hoaks

WA ini juga akan ngelink atau menghubungkan dengan platform medsos yg dimiliki oleh Subditsibercrime Ditkrimsus PMJ tentang penanganan hoaks di wilayah hukum PMJ.

WA BANGBIN PMJ ini banyak memiliki manfaat. Diantaranya sebagai kanal media sosial yang dibuat oleh PMJ yang akan menghubungkan komuniksi dengan instansi lainnya. WA BANGBIN PMJ juga akan memberikan pelayanan kepada masyarakat berbasis platform media sosial sebagai penghubung masyarakat yang gaptek.

WA BANGBIN PMJ juga akan menjadi alat dan pelaporan analisa hoaks di media sosial.

“Maksud proyek perubahan ini adalah untuk membantu masyarakat yang awam teknologi (gaptek) mengakses platform medsos yang dibuat oleh instansi lain atau satker lain yang dibuat untuk mencegah tangkal hoaks ditengah Pandemi Covid19,” ujarnya.

Tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengkonfirmasi info yang mereka terima melalui medsos (hoaks atau bukan). Sehingga mendukung upaya penanggulangan Pandemi Covid19 di wilayah hukum PMJ.

Launching Podcast Bhabinkamtibmas

Selain WA BANGBIN PMJ, Ditbinmas juga melaunching PODCAST BHABINKAMTIBMAS. Podcast ini adalah sebuah inovasi berupa podcast dengan tajuk PODCAST BHABINKAMTIBMAS #door to door system.

Dengan host pers Bhabinkamtibmas dan karakter RW yang melakukan obrolan dengan narasumber yang berkompeten sebagai alternatif sarana pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat dengan model yang kekinian sehingga menarik bagi masyarakat jaman now dan yang sesuai dengan situasi Pandemi Covid19 yang dibatasi mobilitas dan kerumunan, sehingga kegiatan pembinaan dan penyuluhan bisa mencegah tangkal hoaks tetap dapat dilaksanakan.

“Maksud dibuatnya proyek ini adalah memberikan sarana alternatif yg kekinian dalam melaksanakan pembinaan dan penyuluhan tentang Hoaks ditengah Pandemi Covid19 sehingga lebih menarik untuk disimak,” katanya.

Tujuannya adalah untuk menumbuhkan daya cegah tangkal masyarakat terhadap penyebaran hoaks sehingga dapat mendukung pemerintah dalam menanggulangi Pandemi Covid19 di wilayah hukum PMJ.

Acara soft launching Proyek Perubahan Ditbinmas PMJ dalam cegah tangkal hoaks guna mendukung upaya penanggulangan Pandemi Covid19 di wilayah hukum Polda Metro Jaya ini diikuti oleh 80 peserta. (tim)

 122 Total Pengunjung,  3 Pembaca Hari ini

Settia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan