Bukit Ponthang Bleboh, Sejarah “Wong Kalang” 2.500 Tahun Silam

  • Bagikan
img 20211013 wa0013
img 20211013 wa0013

EDITOR.ID,Blora – Bukit Phontang merupakan bukit yang berada di Desa Bleboh, Kecamatan Jiken, Blora. Bukit tersebut berada di Perbatasan Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban.

Wakil Ketua DPRD Blora Siswanto saat meninjau Lokasi potensi Wisata, Senin (11/10/2021), yang diajak perangkat desa setempat mengunjungi 23 makam yang di yakini merupakan makam Wong Kalang.

“Dengan melihat tempat ini kedepan lokasi ini bisa dibangun dan ditingkatkan sarana dan prasarananya, sehingga bisa dijadikan obyek wisata budaya dan wisata agro,” ujarnya

Kades Bleboh Leles Budiyanto mengungkapkan, Wong Kalang sendiri adalah orang yang hidup di Bukit Phontang 2.500 tahun yang lalu.

“Mereka Hidup 2.500 yang lalu di tepian sungai bukit Phontang dan makamnya diletakkan di puncak bukit yang ditandai dengan piringan bebatuan,” terangnya didampingi perangkat desa.

Karena bukit berada di tanah milik Perhutani, Mujito selaku mantri yang hadir dalam pertemuan tersebut mengajak perangkat untuk memelihara situs tersebut, agar dikenal banyak orang dan dilestarikan secara baik.

“Karena situs ini diwilayah Perhutani, ayo bersama merawat situs ini agar dikenal banyak orang,” paparnya.

Kades Leles saat ini menggalakan penghijauan di area bukit. Kedepan, akan difokuskan menjadi wisata budaya, wisata alam, wisata agro.

“Kami akan tanam alpukat, pisang, jambu air, jambu kristal, dan buah lain. Akses jalan juga akan kami perbaiki,” terangnya didampingi Ketua Yayasan Langit Biru Triono.(tim)

 137 Total Pengunjung,  1 Pembaca Hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan