Beton Penyangga Kereta Cepat Ambruk Timpa Ekskavator, Rame di Medsos

  • Bagikan
detik detik tiang penyangga kereta cepat jakarta bandung jatuh menimpa excavator
detik detik tiang penyangga kereta cepat jakarta bandung jatuh menimpa excavator

EDITOR.ID, Jakarta,- Sebuah video viral di platform instagram dan twitter memperlihatkan kecerobohan pada proses konstruksi merobohkan sebuah pilar proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Akibatnya beton seberat puluhan ton ambruk dan menimpa ekskavator.

Dari video terlihat kejadiannya di Karawang, Jawa Barat. Pada video tampak dua alat berat ekskavator tertimpa beton tiang kereta cepat yang sedang dihancurkan.

Kejadian berlangsung saat konstruksi pembongkaran pilar atau pier untuk Kereta Cepat Jakarta – Bandung yang dikerjakan kontraktor tanpa standar operasi konstruksi yang benar.

Sehingga menimpa ekskavator. Kejadian itu terjadi di DK 46, Teluk Jambe, Kabupaten Karawang, (5/12) lalu.

Video berdurasi 30 detik tersebut sontak ramai menjadi perbincangan netizen di media sosial Twitter pada Rabu sore (8/12/2021).

Video yang diupload akun Twitter @AlburhanCenter tersebut memperlihatkan prosesi pembongkaran salah satu infrastruktur yang belum selesai dibangun.

Akun Twitter @AlburhanCenter menyebutkan, pembongkaran tiang pancang yang terlihat di dalam video tersebut adalah proyek yang dijalankan PT Kereta Cepat Indo-China (KCIC).

“Konon katanya salah koordinat. Entah ada berapa titik Pier (tiang pancang) yang dibongkar. Kerjaan triliunan. Prestasi luar biasa,” tulis akun Twitter @AlburhanCenter.

Pengguna akun Twitter lain banyak yang mengomentari video yang diupload akun @AlburhanCenter tersebut.

Beberapa di antaranya mempertanyakan para pekerja yang berada di dalam alat berat yang membongkar tiang pancang kereta cepat tersebut.

“Apa operatornya selamat,” komen akun Twtter @Joharaliyy.

“Operatornya kok ceroboh gitu yak?” tanya akun Twotter @SofyanHam_id.

Selain itu, ada pula yang mempermasalahkan pekerjaan proyek yang dilaksanakan oleh PT KCIC dengan biaya yang mencapai Rp 27,74 triliun.

“Ya Allah yang dihancurkan itu buatnya pakai daun bukan?” heran akun Twitter @cha_malla sembari memberikan emoji tertawa.

“Busyet terus dibebani satu tiang aja biayanya berapa tuh? individualized structure @Muhammad_NamaQ.

Dirut KCIC Murka dan Ancam Stop Kontraktor

Menanggapi video yang viral ini PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) langsung memanggil kontraktor yang terlibat dan melakukan investigasi hingga memberi teguran langsung kepada kontraktor terkait agar kejadian serupa tidak terulang.

“PT KCIC tidak mentolerir adanya kesalahan konstruksi yang melebihi dari toleransi yang dipersyaratkan,” kata Presiden Direktur PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi, dalam keterangan resmi, Rabu (8/12/2021).

Dia juga membenarkan bahwa saat ini tengah dilakukan pekerjaan rework pembongkaran pier, meski proses konstruksi tidak dilakukan mengikuti SOP yang benar, sehingga pier menimpa ekskavator yang digunakan.

“Kami langsung memanggil kontraktor dan memberikan teguran agar semua pekerjaan dilakukan dengan SOP yang sudah ditetapkan tim Engineering dan SSHE sehingga kejadian serupa tidak terulang lagi,” kata Dwiyana.

Pekerjaan rework dilakukan karena tim Quality KCIC dan konsultan supervise CDJO menemukan pergeseran pekerjaan pilar di DK 46 dan menginstruksikan kontraktor melakukan pembongkaran, untuk dibangun kembali sesuai spesifikasi teknis.

Dwiyana menegaskan SOP Engineering terkait pembongkaran sudah ditetapkan termasuk aspek keselamatan konstruksi, namun berdasarkan hasil investigasi didapatkan kontraktor melanggar SOP hingga menimbulkan kecelakaan.

Untungnya dalam kejadian itu tidak memakan korban jiwa. Karena operator berhasil melarikan diri sebelum pilar menimpa.

“Kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa, operator menjalankan ekskavator berhasil menyelamatkan diri sesaat sebelum reruntuhan menimpa,” jelasnya.

Saat ini pihaknya tengah melakukan investigasi mendalam terkait kejadian itu dan berkoordinasi dengan semua pihak. Hasil investigasi itu akan langsung dilaporkan kepada tim KKJT (Komisi Keamanan Jembatan, dan Terowongan Jalan) dan K2K (Komite Keselamatan Konstruksi) Kementerian PUPR.

Sebelumnya video itu di upload oleh akun @suryoprabowo2021 tiga jam lalu dengan jumlah penonton sudah mencapai 75.434. (tim)

 1,456 Total Pengunjung,  3 Pembaca Hari ini

Settia
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan