Berdayakan Peternak Kambing di Banyuwangi, Legislator PDIP Ini Berikan Edukasi Pembuatan Pakan Fermentasi

  • Bagikan
Berdayakan Peternak Kambing di Banyuwangi, Legislator PDIP Ini Berikan Edukasi Pembuatan Pakan Fermentasi
Berdayakan Peternak Kambing di Banyuwangi, Legislator PDIP Ini Berikan Edukasi Pembuatan Pakan Fermentasi

EDITOR.ID, Banyuwangi,- Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Sonny T Danaparamita, menggelar pelatihan pembuatan pakan Fermentasi kepada sejumlah peternak kambing yang ada di Desa Bulusari Kecamatan Kalipuro Banyuwangi. Senin (11/10/2021).

Sonny mengungkapkan, selama ini sebagian besar para peternak kambing masih melakukan pemberian pakan dengan metode konvensional, atau pemberian pakan secara langsung.
Namun, pemberian pakan dengan cara tersebut menurutnya, membuat para peternak seringkali mengalami persoalan dalam memenuhi kebutuhan pakan ternaknya sehari hari, terutama ketika memasuki musim kemarau.

Oleh sebab ketua DPP PA GMNI ini berinsiatif memberikan pelatihan membuat pakan kambing yang difermentasikan, supaya para peternak tak lagi mengalami kesulitan mencari dan memberikan pakan.

img 20211011 214236
Berdayakan Peternak Kambing di Banyuwangi, Sonny T Danaparamita Berikan Edukasi Pembuatan Pakan Fermentasi

“Pakan ternak yang difermentasikan ini, bisa lebih awet, sekalipun disimpan selama berbulan bulan, jadi bisa lebih memudahkan peternak dan tidak ada lagi para peternak yang mengalami kesulitan menghadapi kelangkaan pakan,” kata Sonny.

Selain itu, Legislator dari dapil lll Jatim ini pun menyebut, pakan fermentasi dapat menggunakan segala jenis dedaunan dan rerumputan, sehingga para peternak bisa turut memanfaatkan limbah pertanian untuk dijadikan pakan ternak.

“Pembuatan pakan fermentasi ini selain mudah, bahan bakunyapun gampang diperoleh, karena semua jenis rerumputan dan dedaunan bisa digunakan, hal ini kan juga bisa jadi solusi bagaimana para peternak dapat memanfaatkan limbah pertanian,” jelasnya

Tetapi meski bisa menggunakan segala jenis dedaunan dan rerumputan, lanjut Sonny, protein dan vitamin yang dihasilkan dari pakan kambing yang di fermentasi ini, jauh lebih baik, dibandingkan dengan pakan yang tidak difermentasi.

Keuntungan lain dari pemberian pakan fermentasi ini, adalah khasiat protein dan vitaminnya bisa lebih bagus dari pada pakan yang tidak difermentasi.

Sonny pun juga berani menjamin hewan ternak yang diberi pakan fermentasi ini tidak akan mati atau sakit karena Sonny sendiri juga memiliki peternakan yang metode pemberian pakannya juga memakai pakan fermentasi

Sonny berharap, dengan adanya pelatihan membuat pakan kambing fermentasi ini, dapat memberdayakan para peternak kambing, agar usahanya bisa lebih maju berkembang.

“Tentunya kita berharap apa yang kita lakukan ini, dapat memberikan manfaat bagi teman teman peternak, supaya usaha mereka lebih maju dan semakin berkembang kedepan,” pungkasnya. (ded)

 6,150 Total Pengunjung,  4 Pembaca Hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan