Settia

Audrey, Wartawan dan Tokoh Besar

Penulis : Edi Winarto

EDITOR.ID, Jakarta,- Audrey Tangkudung adalah sosok jurnalis dan ilmuan yang tak kenal lelah mengabdikan diri di berbagai bidang. Perjalanannya yang sering bertemu tokoh-tokoh besar membuat lingkungan tempatnya mengabdi selalu berkembang besar.

Sejak terpilih sebagai Ketua umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Pasca Sarjana, amanah dari kawan-kawan Alumni ini tidak ia sia-siakan. Perubahan besar dilakukan Audrey untuk membesarkan kampus UI tempatnya menimba ilmu.

Sejumlah tokoh penting ia hadirkan ke Kampus UI Salemba. Tujuannya membangun komunikasi dan hubungan yang baik antara lingkungan akademisi dengan para praktisi. Audrey mampu menghadirkan tokoh politik nasional yang juga Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh ke kampus UI Salemba.

Kemudian ia datangkan Wakapolri Komjen Pol Dr Gatot Eddy Pramono. Ia juga hadirkan Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Jan S Maringka, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Para tokoh besar republik ini dirangkul Audrey untuk tampil dalam kemasan Seminar dan Kuliah Umum Kebangsaan di Kampus UI Salemba.

Tak hanya Surya Paloh, Audrey juga menghadirkan Menko Perekonomian Luhut Binsar Panjaitan saat kampus UI menggelar acara Dies Natalis.

Sosok Audrey memang tak pernah bisa dilepaskan dari jaringan orang-orang penting yang sangat dekat dengan dia.

Kepiawaian dan bakat CEO Televisi Desa ini bisa berteman dan dipercaya oleh tokoh-tokoh besar sudah terlihat sejak dia menjadi wartawan Majalah Nasional Gatra.

Audrey adalah satu-satunya wartawan yang mampu menembus dan mewawancarai orang terkaya di Asia, Liem Sioe Liong di ruang kerjanya di lantai 11 Gedung Indofood yang dulu namanya Gedung Salim Group.

Ia juga pernah mewawancarai pendiri dan bos Lippo Group Dr Mochtar Riady. Bahkan dalam wawancaranya Audrey diajak naik helikopter khusus VVIP bersama Dr Mochtar Riady.

Sepanjang perjalanan hidupnya Audrey sangat mencintai dunia media dan bidang keilmuan. Oleh karena itu ia tak pernah putus untuk tetap belajar. Audrey adalah salah satu peraih gelar Doktor di bidang Lingkungan Hidup dari almamaternya UI. Dan saat ini pemegang gelar Doktor di Bidang Lingkungan Hidup masih jarang.

Sementara di bidang media ia tak pernah kenal lelah membangun media. Audrey adalah salah satu tokoh yang menginisiasi dan merintis jaringan TV lokal sebagaimana amanah UU Penyiaran. Kemudian ia membangun jaringan televisi kabel dan jaringan Televisi Desa.

Audrey memiliki pengalaman lengkap dibidang jurnalisme, televisi dan di dunia akademisi. Memulai karir jurnalisme sebagai wartawan Gatra, Redaktur Harian The Indonesian Observer, Pemimpin Redaksi Majalah Berita Ekonomi dan Manajer Iklan dan Promosi Harian Sinar Harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *