Terlebih, era revolusi industri 5.0 mengacu pada perkembangan teknologi yang terus meningkatkan otomatisasi dan digitalisasi di berbagai bidang.
Era ini mengacu pada kolaborasi antara teknologi canggih seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT) dan teknologi robot dengan keahlian manusia untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Bagi BUMN, pemanfaatan era digital 5.0 untuk transformasi bisnis harus memperhatikan berbagai aspek yang mencakup teknologi, pengalaman pelanggan dan nilai tambah.
Beberapa strategi yang diterapkan antara lain berupa analitik berbasis data, multichannel marketing, konten berharga, penggabungan Artificial Intelligence (AI) dan chatbot serta penggunaan media sosial.
Acara BUMN Entrepreneurial Marketing Award 2024 merupakan ajang pemberian penghargaan bagi para pemasar atau marketeers di kalangan BUMN, BUMD, maupun Anak perusahaan BUMN, baik secara korporasi maupun individual yang melibatkan berbagai ahli sebagai juri.
Hal ini juga menjadi patokan serta kegiatan yang bertujuan untuk memberikan apresiasi sekaligus mengukur daya saing para pelaku branding dan marketing BUMN, serta memperkuat identitas brand dengan menjaga relevansi pada tren terkini.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi sekaligus mengukur daya saing para pelaku branding dan marketing BUMN, serta melihat dampak positif dari inovasi teknologi yang dilakukan terhadap posisi brand terhadap perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia.
“Kami berusaha konsisten dalam mengapresiasi BUMN yang senantiasa berinovasi dalam menerapkan strategi branding dan pemasaran, khususnya dia era 5.0 yang mengutamakan kecanggihan teknologi,” ujar CEO BUMN Track, SH Sutarto di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (14/11/2024). (tim)