EDITOR.ID, Semarang,- Prakiraan musim hujan yang telah dikeluarkan oleh Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Semarang, menyebutkan bahwa Awal Musim Hujan tahun ini di wilayah Jawa Tengah, diprakirakan terjadi pada bulan Oktober 2021 dan terbukti sekarang pun cuaca hujan sudah sering terjadi.
“Menghadapi peningkatan curah hujan yang sudah mulai meningkat tersebut, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang, melakukan berbagai langkah antisipasi untuk meminimalisir gangguan yang dapat mengganggu perjalanan kereta api,”ungkap Manager humas Daop 4 Semarang Krisbiyantoro dalam release yang dikirim, Jumat (5/11/2021).
Dijelaskan, upaya antisipasi yang dilakukan di wilayah KAI Daop 4 Semarang, di antaranya dengan menyiagakan petugas khusus di beberapa titik rawan dan menyediakan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di beberapa titik stasiun.
“Kami menyiagakan petugas selama 24 jam yang tersebar di beberapa titik rawan, serta menyiapkan AMUS untuk memastikan keselamatan perjalanan kereta api,”ujarnya.
Di wilayah Daop 4 Semarang, lanjutnya, saat ini terdapat 51 titik rawan yang dinilai memiliki potensi bahaya, mulai dari banjir, amblesan, hingga tanah longsor. Jumlah titik rawan tersebut, sudah mengalami penurunan dari awal tahun 2021 yang berjumlah 98 titik rawan.
” Jadi berbagai perbaikan sudah kami lakukan dengan normalisaai drainase, pembuatan talut penahan konstruksi jalur KA, sehingga jumlah lokasi rawan tersebut dapat berkurang,” paparnya.
Namun demikian, terdapat 51 titik rawan yang masih dalam penanganan pihak KAI Daop 4 Semarang diantaranya, 17 titik di wilayah Gundih koridor Semarang – Solo, 9 titik di wilayah Kuripan, 5 titik wilayah Pekalongan koridor Semarang – Cirebon dan 4 titik di wilayah Gambringan koridor Semarang – Surabaya Pasarturi dan beberapa titik lainnya yang tersebar di wilayah Semarang, Gubug, Panunggalan, Cepu, Tegal. Pemalang, Batang, Weleri, Kaliwungu, Karangjati, Doplang dan Kedungjati.
” Dari sisi kesiapan material, KAI Daop 4 Semarang telah menyiapkan AMUS pada 19 titik, meliputi: Tegal, Pemalang, Petarukan, Pekalongan, Batang, Kuripan, Weleri, Kalibodri, Kaliwungu, Semarang, Brumbung, Kedungjati, Gundih, Gambringan, Panunggalan, Kradenan, Doplang, Randublatung dan Cepu,” katanya
Meski demikian, menurutnya, AMUS yang disiapkan tersebut berupa pasir dalam kantong karung, bantalan rel, perancah dari potongan rel dan peralatan ringan hingga alat berat seperti Mesin Perawatan Jalan Rel (MPJR) yang digunakan untuk merawat serta memelihara kondisi jalur rel.
” Yang jelas langkah preventif lain, yang telah dilakukan KAI Daop 4 Semarang yaitu kegiatan Tilik PJL (Penjaga Jalan Lintasan). Dalam Tilik PJL tersebut, Manajemen KAI Daop 4 Semarang secara rutin mengunjungi setiap pos PJL yang ada di wilayah Daop 4 Semarang, mulai dari Tegal sampai dengan Cepu.”
Dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, jajaran Daop 4 Semarang memastikan kesiapan petugas dalam menjalankan dinasannya dan merefresh pengetahuan SOP tentang perlintasan sebidang, serta memastikan kelengkapan alat pendukung keselamatan yang ada pada setiap pos PJL.
” KAI terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Di musim hujan ini, kami bekerja ekstra memastikan perjalanan kereta api berjalan dengan aman, lancar dan selamat,” pungkasnya.(sup)