Settia

Akar Rumput Demokrat Jatim Mayoritas Dukung Jokowi

Gubernur Jawa Timur Soekarwo (berkopiah) saat mendampingi Presiden Jokowi berkunjung ke Gresik, Jawa Timur, Kamis (8/3/2018).(dok.Humas Pemprov Jatim)

EDITOR.ID, Jakarta,- Meski Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengusung Prabowo Subianto sebagai Capres di Pilpres 2019, mayoritas akar rumput (grass root) Partai Demokrat Jawa Timur justru mendukung Joko Widodo (Jokowi) sebagai sosok yang pantas memimpin Indonesia.

Hal ini diungkapkan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo (Pakde Karwo) di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (2/8/2018).

Sebelumnya Soekarwo mengungkapkan, dari 200an lebih pengurus di 38 DPC serta lima perwakilan DPD se Jawa Timur, lebih dari 152 suara mendukung Jokowi dan hanya 56 suara mendukung Prabowo. Apalagi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang didukung Partai Demokrat secara terbuka menyatakan akan mendukung dan memenangkan Jokowi di Jawa Timur.

Soekarwo menanggapi pilihan tersebut menjadi urusan masing-masing. “Ya jelas (tetap sebagai Demokrat), tapi kalau tanya pilihan ya jadi urusan pribadi masing-masing,” ujar Soekarwo.

Soekarwo mengatakan pihaknya sudah menyampaikan ke DPP Demokrat terkait mayoritas suara akar rumput di Jatim yang mendukung Jokowi. Demikian halnya dengan organisasi-organisasi di bawah partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu yang ada di Jatim.

“Kalau di Jawa Timur itu sebagian besar ke Pak Jokowi, nomor 2 ke Pak Prabowo itu pengurus. Itu sesuai dengan surat edaran DPP dalam rangka DPP ingin melihat sebetulnya pandangan pengurus sampai dengan kabupaten/kota,” ungkap Soekarwo.

Soekarwo juga mengakui struktural Demokrat digerakkan untuk mendukung Prabowo. Namun dia menyebut setiap kader memiliki pendapat dan pilihan masing-masing.

“Ya kalau struktural pengurus digerakkan ke sana (mendukung Prabowo), tapi kalau pribadi kan punya pendapat lain. Kalau tertutup ya dengar, harus tanya kepada pribadi masing-masing, yang harus ngopi yang rokok dulu. Harus panjang ceritanya dan ini urusannya rapat dan pilihan anggotanya seperti apa,” ucapnya. (tim)

Leave a Reply