Settia

Adu Pengaruh Kuat Wishnu Vs Risma

EDITOR.ID, Surabaya – Hingga siang ini siapakah calon Walikota yang akan diusung PDI Perjuangan untuk menggantikan Tri Rismaharini yang sudah 10 tahun menjabat masih terus menjadi teka-teki dan membuat penasaran publik.

Skenario pasangan calon pun berseliweran di media publik. Isu dihembuskan seolah sosok Puti Guntur Soekarnoputri akan dipasangkan dengan Lilik Aryanto. Kemudian muncul lagi pasangan Wishnu Buana Sakti dengan Gus Hans. Bahkan muncul nama Ery Cahyadi.

Sehingga penetapan pasangan calon wali kota-wakil wali kota Surabaya dari PDIP penuh liku-liku. Kalangan pemerhati politik melihat fenomena ini tak lepas dari adu pengaruh Tri Rismaharini dan Wishnu Sakti Buana di tikungan terakhir jelang penetapan calon.

“Memang agak rumit sebenarnya kalau kita bicara PDIP di Jawa Timur ada Risma ada Wishnu ini kan sebenarnya cerita lama kan. Sebetulnya keduanya nggak cocok, kan pernah berkonflik dan kemudian didamaikan Ibu Megawati. Saya lihat ini ada api dalam sekam,” kata pakar politik Indo Barometer, M. Qodari kepada wartawan, Rabu (2/9/2020).

Cerita lama adu pengaruh Risma dan Wishnu bermula saat keduanya menuju kursi Wali Kota Surabaya. Keduanya bisa diredam dan dipasangkan oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri kala itu. Isu santer memang Risma ini salah satu kesayangan Megawati Soekarnoputri.

“Risma ini secara kinerja memang bagus, namun secara komunikasi politik kurang. Sementara Wishnu itu representasi dari PDIP Surabaya,” kata Qodari.

Cerita lama adu pengaruh Risma dan Wishnu jelang Pilkada Surabaya akan kembali sampai ujung hari ini. Ketum PDIP Megawati dan Puan Maharani akan membacakan daftar calon kepala daerah untuk Surabaya dan sejumlah wilayah lain di Jawa Timur pada siang ini.

“Ibu Megawati Soekarnoputri akan memberikan pengarahan kepada para paslon. Sementara Ketua DPP Bidang Politik Mbak Puan Maharani akan membacakan daftar pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah pada sejumlah kabupaten/kota, termasuk Kota Surabaya,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis, Rabu (2/9/2020). (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *