Adakan Pemberdayaan Masyarakat, KKN UPN Veteran Jatim ‘Rawat’ Wisata Edukasi “Kampung Kreasi”

  • Bagikan
adakan pemberdayaan masyarakat, kkn upn veteran jatim rawat wisata edukasi kampung kreasi 2
adakan pemberdayaan masyarakat, kkn upn veteran jatim rawat wisata edukasi kampung kreasi 2

EDITOR.ID – Gresik, Kampung Kreasi merupakan sebuah kampung yang terletak di Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Tepatnya terletak di Jl. Kramat Langon Gang. IV Sumberejo. Kampung Kreasi merupakan tempat wisata yang bertema Edukasi dan ekowisata.

Di sepanjang jalan Kampung Kreasi terdapat hiasan cantik yang terbuat dari sisa sampah yang di daur ulang. Terlihat juga Setiap rumah warga yang penuh warna-warni menarik. Uniknya lagi, seluruh hiasan dan kerajinan di kampung ini adalah hasil kreasi masyarakat sekitar.

Selain wisata tersebut, masyarakat juga mengembangkan ‘urban farming’ yang fokus pada Penanaman hidroponik polikultural yang akan dijual ke masyarakat umum. Ada juga wisata sapi perah yang hasilnya dijadikan buah tangan dari kampung kreasi. Jika ingin menikmati wisata ini kita hanya perlu membayar 10.000 tiap orang. Sangat terjangkau.Disini juga banyak spot foto instagramable.

Didekat Kampung Kreasi juga ada kedai “Kopi Sampah” yang menyediakan pembayaran dengan pertukaran barang bekas berupa sampah plastik seperti botol. Nantinya 1 Kg sampah bisa ditukar dengan satu cangkir kopi.

Pada saat ini, warga Kampung Kreasi sedang berusaha untuk mengembangkan destinasi wisata edukasi ini.

adakan pemberdayaan masyarakat, kkn upn veteran jatim rawat wisata edukasi kampung kreasi
adakan pemberdayaan masyarakat, kkn upn veteran jatim rawat wisata edukasi kampung kreasi

Hari ini, Kelompok KKN 78 yang berasal dari UPN Veteran Jatim berniat untuk membantu mengembangkan destinasi wisata yang ada di kampung ini. Ketua Kelompok 78 adalah Thariq Amir dan dipandu oleh dosen pembimbingTresna Maulana. Bentuk bantuan yang diberikan berupa materi mengenai UMKM, mengenai nilai-nilai pancasila, mengenai ide bisnis, edukasi mengenai Virus Covid-19 dan masih banyak lainnya.

Materi-materi tersebut disampaikan melalui zoom meeting dan juga di unggah di akun youtube KKN kelompok 78.

Tak hanya itu, segala kegiatan yang dilakukan juga di unggah di beberapa media sosial seperti instagram, twitter, Tiktok, dan Facebook guna memperkenalkan kampung kreasi kepada masyarakat luas.

Bantuan lain berupa barang juga diberikan, seperti memberikan alat peniris minyak, handsanitiser injak, Makser, sembako, dan masih banyak lainnya. Dengan adanya bantuan yang seadanya ini kami harap Kampung Kreasi bisa berkembang menjadi destinasi wisata yang lebih baik.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *