Ratusan Ulama di Kandang Prabowo Dukung Jokowi

EDITOR.ID, Bogor,- Ratusan pengasuh pesantren, kiai dan ustadz se-Bogor Barat mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Uniknya, para ulama dan tokoh agama yang mendukung Jokowi itu berada tak jauh dari daerah kediaman capres nomor 02 Prabowo Subianto di bukit Hambalang.

Bahkan meski jauh dari ingar bingar kota, wilayah Bogor Barat ini dianggap sebagai kandangnya Prabowo, karena mayoritas warganya banyak yang mendukung Prabowo. Wilayah dengan jumlah penduduk sekira 5,8 juta jiwa itu merupakan salah satu lumbung suara Prabowo Subianto.

Bogor Barat sendiri adalah wilayah yang meliputi 15 kecamatan di sebelah barat Kabupaten Bogor.

Wilayah ini cukup luas dan kaya akan sumber daya alamnya. Namun pembangunan di daerah tersebut dianggap belum merata serta keadaan infrastruktur jalan yang menyedihkan.

Deklarasi itu digelar ketika acara nonton bareng debat capres dan dikomandoi Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bogor yang juga sebagai Ketua Tim Kemenangan Daerah (TKD) Pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin, Ade Ruhandi atau yang akrab disapa Jaro Ade.

Dalam sambutannya, Jaro Ade meminta kepada masyarakat Bogor Barat untuk menjaga kondusivitas, keamanan dan saling menghargai kepada para pendukung pasangan lain.

“Negara kita adalah negara hukum dan berdaulat, tidak boleh pilpres maupun pileg memecah belah kita, jika ada yang melanggar hukum laporkan kepada penegak hukum, jangan anarkis dan merasa paling benar, hukum harus kita junjung dan apapun keputusannya hukum harus didaulati” jelasnya.

Ulama di Bogor Barat tersebut mendeklarasikan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf Amin beserta dengan tujuh poin lainnya, yang berbunyi:

Dengan menjunjung tinggi nilai nilai pancasila dan UUD 1945 demi keutuhan NKRI yang berbhineka tunggal ika. Maka dengan ini kami menyatakan:

1. Siap mendukung dan memilih calon presiden dan wakil presiden no urut 01 bapak Ir. H. Joko Widodo – Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin

2. Menangkal Hoax dengan menjelaskan fakta kepada masyarakat

3. Mendukung dan mengharapkan segera terbentuknya DOB Kabupaten Bogor Barat selambat lambatnya tahun 2020

4. Mengusulkan melanjutkan program bantuan dana desa dan meminta agar ditambah

5. Memprioritaskan pembangunan pondok pesantren, majlis ta’lim, kemakmuran petugas masjid serta kebutuhan para santri

6. Meminta dibuatkannya jalan Tol balaraja, tangerang sampai jasinga yang menghubungkan bogor dan lebak

7. Meminta untuk dibangunnya jalan BSD rumpin, cigudeg, sukajaya menjadi jalan nasional.

“Kami sepakat para ulama Bogor Barat untuk menjaga kondusivitas pilpres dan pemilu serta menangkal dan memberikan pemahaman kepada masyarakat atas isu atau fitnah yang beredar di tengah masyarakat, kami pun sepakat dengan musyawarah dan berbagai pertimbangan bersama untuk mendukung kembali pasangan nomor urut satu pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf sebagai presiden dan wakil presiden lima tahun kedepan,” ujar Kiai Ikbal sebagai ulama dan pengasuh salah satu pondok pesantren di Bogor Barat. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: