EDITOR.ID, Jakarta,- Salah satu sekolah kedinasan favorit adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Kampus yang mencetak calon pegawai Pamong Praja atau Kementrian Dalam Negeri ini memberikan berbagai daya tarik bagi calon pencari keberuntungan.
Anda ga perlu lagi bayar kuliah alias gratis. Dapat seragam setara layaknya Taruna Akademi Kepolisian (Akpol). Tinggal di asrama secara gratis lengkap dengan jatah makan sehari 3 kali, snack, dan segala fasilitas lainnya. Kabarnya dapat uang saku dan jika lulus maka akan masuk sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Dapat meniti karir sekolah di luar negeri dan jika lulus bisa berkarir sebagai calon lurah, calon camat hingga pejabat eselon di Kemendagri.
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) adalah Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. IPDN sendiri didirikan dengan tujuan untuk mempersiapkan kader pemerintah yang mumpuni baik di tingkat daerah maupun di tingkat pusat.
Seleksi Penerimaan IPDN tahun 2021 akan dilaksanakan serentak bersama sekolah kedinasan lainnya dan terintergrasi di bawah naungan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) telah merilis jadwal seleksi penerimaan praja tahun ajaran 2021/2022. Informasi pendaftaran IPDN 2021 tertuang dalam Pengumuman Nomor: 810/1030/IPDN tentang Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN 2021.
Berikut jadwal lengkapnya:
- Pendaftaran: 9-30 April 2021 di laman https://dikdin.bkn.go.id
- Verifikasi dokumen persyaratan administrasi pendaftaran: 10 April-3 Mei 2021
Pengumuman hasil verifikasi dokumen administrasi: 4 Mei 2021 - Pembayaran PNBP Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan mencetak kartu ujian: Mei 2021
- Pengumuman peserta SKD: Juni 2021 Pelaksanaan SKD: Juni-Juli 2021
Pengumuman hasil SKD: Juli 2021 - Pelaksanaan tes kesehatan tahap I: Juli-Agustus 2021
- Pengumuman hasil tes kesehatan tahap I: Juli-Agustus 2021
- Pelaksanaan tes psikologi, integritas dan kejujuran: Juli-Agustus 2021
- Pengumuman hasil tes psikologi, integritas dan kejujuran: Juli-Agustus 2021
- Verifikasi faktual dokumen administrasi, tes kesehatan tahap II, serta tes kesamaptaan dan pemeriksaan penampilan: Agustus 2021
- Pengumuman hasil akhir: Agustus 2021
- Registrasi calon praja di IPDN Kampus Jatinangor: September 2021
Bagi Anda yang berminat menjadi calon praja IPDN, ketahui beberapa syarat berikut:
Syarat administrasi daftar IPDN
- Berijazah minimal SMA atau Madrasah Aliyah (MA) termasuk Paket C, bagi lulusan 2018-2019 harus memiliki nilai rata-rata minimal 70,00 untuk rata-rata rapor dan ujian sekolah, nilai rata-rata Ijazah 65,00 bagi Provinsi Papua dan Papua Barat
- KTP-el bagi peserta yang berusai 17 tahun atau Kartu Keluarga bagi yang belum memiliki KTP-el
- Berdomisili minimal satu tahun di provinsi tempat mendaftar secara sah, terhitung pada tanggal awal pendaftaran
- Surat keterangan kelas XII SMA/MA yang ditandatangai oleh Kepala Sekolah atau pejabat berwenang dan dicap basah, bagi siswa lulusan 2020/2021
- Surat Keterangan Asli Papua (OAP) khusus bagi peserta OAP yang ditandatangani oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/Kota masing-masing dan mengetahui Ketua/Anggota Majels Rakyat Papua
- Pakta integritas
- Surat Keterangan Bebas Narkoba yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Bhayangkara Polri/Badan Narkotika Nasional Provinsi/Kabupaten/Kota
- Surat Keterangan Tidak Buta Warna yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Pemerintah/Swasta
- Alamat email yang aktif
- Pasfoto berwarna ukuran 4×6 dengan menghadap ke depan dan tidak memakai kacamata, serta mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih polos dengan latar belakang merah
Seluruh proses pendaftaran akan dilakukan secara online melalui laman resmi SSCASN BKN https://dikdin.bkn.go.id.
Jika dinyatakan lolos sebagai praja IPDN, pendaftar harus sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
Peserta juga harus bersedia ditempatkan pada proses pembelajaran di seluruh kampus IPDN dan bersedia diangkat menjadi CPNS/PNS, serta ditugaskan di seluruh wilayah Indonesia.
Apabila terbukti melakukan pemalsuan identitas atau dokumen di atas, maka pendaftar dinyatakan gugur. Pendaftar diharapkan selalu memperbarui informasi terkait pelaksanaan SPCP, antara lain perubahan jadwal, lokasi pelaksanaan tes, dan informasi lainnya.
Lalu kapan dan bagaimana alur pendaftaran IPDN tahun ini?
Berikut beberapa informasi terkait jadwal pendaftaran, dokumen, persyaratan, dan masih banyak lagi info lainnya.
Timeline Penerimaan IPDN 2021
1. Pengumuman:
Pengmuman pendaftaran sekolah kedinasan mulai tanggal 1 April 2021 lalu menyesuaikan status tanggap darurat Non Bencana Pandemi Covid 19.
2. Pendaftaran Peserta:
Pendaftaran sekolah kedinasan dimulai tanggal 9-30 April 2021, menyesuaikan status tanggap darurat Non Bencana Pandemi Covid 19.
3. Ujian SKD:
Pelaknasaan ujian SKD dilaksanakan pada 3 Mei 2021 (tentatif), menyesuaikan status tanggap darurat Non Bencana Pandemi Covid 19.
4. Seleksi Lanjutan:
Pelaksanaan seleksi lanjutan dilaksanakan dan diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan, jadwal, dan format ujian menyesuaikan status tanggap darurat Non Bencana Pandemi Covid 19.
Syarat dan Dokumen Pendaftaran IPDN 2021
Pastikan calon pelamar telah mempersiapkan beberapa syarat dokumen yang diperlukan:
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Kartu Keluarga
- Ijazah
- Rapor SMA/sederajat
- Pas foto
- Dokumen lain sesuai ketentuan
Syarat umum daftar IPDN
- WNI
- Usia mibimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada 1 September 2021
- Tinggi badan pendaftar 160 cm (pria) dan 155 cm (wanita)
Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021
Berikut ini tata cara dan langkah-langkah pendaftaran sekolah kedinasan IPDN.
- Masuk ke portal SSCASN (https://sscasn.bkn.go.id)
- Pilih menu Sekolah Kedinasan atau DIkdin, buat akun, dan cetak Kartu Informasi Akun pada laman https://dikdin.bkn.go.id
- Log in dengan memasukkan NIK dan password
- Lakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan, dan melengkapi formulir isian.
- Menginput nilai
- Lengkapi biodata diri
- Mengunggah dokumen persyaratan
- Mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (resume)
- Verifikator instansi melakukan verifikasi data atau berkas pelamar yang sudah masuk
- Apabila lolos verifikasi akan mendapatkan kode billing pembayaran.
- Cek informasi pembayaran di sekolah kedinasan terkait.
- Pelamar login kembali di SSCASN untuk mengecek status kelulusan verifikasi.
- Mencetak Kartu Ujian
- Mengikuti proses ujian selanjutnya sesuai ketentuan instansi terkait.
Informasi seputar kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCN.
Perlu diingat jika pelamar hanya bisa memilih 1 sekolah kedinasan saja.
Informasi lebih lengkap mengenai pendaftraan sekolah kedinasan IPDN 2021, dapat dicek pada laman resmi https://spcp.ipdn.ac.id/spcp/ .
Semoga informasi mengenai Jadwal dan Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan IPDN 2021 ini bermanfaat.
Dan semoga beruntung untuk dapat diterima di sekolah impian kalian. (tim)