Kader PDIP Gigit Jari, Tak Masuk Kabinet Prabowo? Atau Masih Ada Celah

Juru bicara PDIP, Chico Hakim mengatakan belum ada keputusan soal kader yang akan menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran Rakabuming. Dia menyebut keputusan itu tergantung pada pertemuan dari Prabowo dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Presiden Terpilih Prabowo Subianto Foto: Instagram @prabowo

Jakarta, EDITOR.ID,- Sedikitnya 49 calon menteri dan 59 calon wakil menteri (Wamen) dan kepala Badan sudah diketahui publik dan dipanggil Presiden terpilih Prabowo Subianto di kediamannya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan. Dari 49 nama calon menteri dan 59 calon wamen dan kepala badan tidak ada satupun nama dari politisi PDI Perjuangan.

Padahal hari ini 49 nama calon menteri, 59 calon wakil menteri dan kepala badan sudah mendapat pembekalan di Bukit Hambalang, Sentul Bogor, Jawa Barat. Dan pelantikan Prabowo sebagai Presiden resmi tinggal menunggu hari. Atau hanya tinggal empat hari lagi.

Sumber EDITOR.ID mengungkapkan jauh-jauh hari sebagian dari kubu di Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengharapkan PDIP bisa menjadi partai diluar pemerintahan. Sehingga kemungkinan besar pemerintahan Prabowo-Gibran tidak akan melibatkan PDIP dalam jajaran kabinet maupun kepala badan di pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Istilahnya mereka (KIM) ingin PDIP berada di luar pemerintahan dan bisa menjadi partai penyeimbang (check and balance) bagi pemerintahan Prabowo-Gibran,” ungkap sumber ini.

Tanggapan PDIP Soal Tidak Adanya Kader Partainya

PDI Perjuangan akhirnya menanggapi soal tidak adanya nama politisi dan kader PDIP dalam jajaran Kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. Termasuk jabatan-jabatan diluar kementrian.

Juru bicara PDIP, Chico Hakim mengatakan belum ada keputusan soal kader yang akan menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran Rakabuming. Dia menyebut keputusan itu tergantung pada pertemuan dari Prabowo dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Kita tunggu pertemuan antara Ibu Mega dan Pak Prabowo,” ujar Chico kepada wartawan, Senin (14/10/2024).

Chico tak menyebut kapan pertemuan antara Megawati dan Prabowo akan berlangsung. Namun, pelantikan Prabowo menjadi presiden akan dilaksanakan pada 20 Oktober 2024.

Sebelumnya, Presiden terpilih, Prabowo Subianto, memanggil sejumlah calon menteri ke rumahnya. Namun, belum terlihat tokoh yang berasal dari PDIP maupun PKS. Apa kata Prabowo?

“Insyaallah, insyaallah,” kata Prabowo kepada wartawan di kediamannya, Jl Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10).

Dia mengatakan hari ini proses konfirmasi kepada para calon menteri. Tercatat ada 49 tokoh yang datang memenuhi panggilan Prabowo.

Prabowo mengatakan ada beberapa menteri berada di luar kota. Dia mengatakan proses klarifikasi ini juga akan dilanjutkan besok bersama panggilan untuk wakil menteri (wamen).

“Besok masih ada lagi proses,” katanya

Internal PDIP Terbelah Tiga soal Posisi di Kabinet Prabowo

Sebagaimana dilansir dari Tempo.co, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul, mengatakan ada tiga pandangan di internal partainya soal sikap terhadap pemerintahan Prabowo Subianto mendatang. Dia mengatakan dinamika tersebut sebagai suatu yang wajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: