Puan Ketua DPR, Anaknya Pinka Ikut Jadi Anggota DPR, Usia 25 Tahun Sudah Punya Harta Rp 38 Miliar

Pinka yang kini berusia 25 itu tahun itu tercatat memiliki harta kekayaan senilai Rp 38.076.495.350 atau Rp 38 miliar. Harta kekayaan itu dilaporkan Pinka saat hendak mendaftar sebagai Anggota DPR RI pada 10 September 2024.

Sang Nenek Megawati Soekarnoputri (Kiri), Pinka Haprani sang cucu (Tengah) dan Puan Maharani sang Ibu (Kanan). Keluarga Dinasti Megawati tampil di DPR

Jakarta, EDITOR.ID,- Trah Soekarno dan dinasti politik Megawati Soekarnoputri ikut mewarnai kedudukan kursi di DPR dari PDI Perjuangan. Setelah keponakannya, Romy Soekarno, ada juga cucu Bu Mega yang juga putri dari Puan Maharani, Diah Pikatan Orissa Putri Haprani alias Pinka Haprani menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI)

Pinka Haprani merupakan anak dari Ketua DPR RI Puan Maharani yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan. Dengan masuknya Pinka maka ada sejumlah keluarga Megawati yang berhasil menikmati kursi DPR. Sebelumnya ada Rommy Soekarno, Puti Guntur Soekarnoputri.

Pinka merupakan anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan yang terpilih dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IV yang mencakup Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Karanganyar.

Ia merupakan cucu dari Megawati Soekarnoputri dan anak dari pasangan Puan Maharani serta Hapsoro ‘Happy’ Sukmonohadi.

Pinka Haprani, anak sulung Ketua Umum DPR RI Puan Maharani, resmi dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029.

Usia Baru 25 Tahun Hartanya Rp 38 Miliar

Pinka yang kini berusia 25 itu tahun itu tercatat memiliki harta kekayaan senilai Rp 38.076.495.350 atau Rp 38 miliar. Harta kekayaan itu dilaporkan Pinka saat hendak mendaftar sebagai Anggota DPR RI pada 10 September 2024.

Cucu dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu tercatat memiliki empat bidang tanah yang tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Gianyar Bali. Total harta tidak bergerak milik Pinka itu senilai Rp 35.025.879.200 atau Rp 35 miliar.

Pinka juga tercatat memiliki harta berupa kas dan setara senilai Rp 3.050.616.150 atau Rp 3 miliar.

Pinka sendiri mengaku ingin memperjuangkan isu anak, perempuan, dan disabilitas pada periode pertamanya menjadi anggota DPR.

“Untuk aku, perempuan dan anak, juga disabilitas. Itu adalah konsen saya,” kata Pinka di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Namun, Pinka masih menunggu perintah fraksi PDI Perjuangan akan ditempatkan di komisi berapa di DPR.

“Tunggu perintah ya. Kalau ditanya mau apa? Maunya (Komisi) X (yang membidangi) pendidikan dan budaya, tapi belum tahu, masih tunggu perintah fraksi,” ucap Pinka.

Sebagai salah satu anggota DPR yang terbilang masih muda, Pinka menyatakan tidak kesulitan bergaul dengan para senior di DPR. Ia juga mengaku akan terus berusaha supel dengan para anggota DPR lain lintas fraksi.

“Kita sama semua, mau beda partai mau beda jarak umur itu harus tetap deket dong kalau kenal,” pungkas Pinka.

Riwayat Pekerjaan Pinka Haprani

Pinka Haprani merupakan putri sulung dari pasangan Puan Maharani dan Hapsoro Sukmonohadi. Ia diketahui memiliki pendidikan yang mentereng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: