Anies Pastikan Raih Tiket Maju di Pilgub Jakarta Usai NasDem Resmi Lengkapi Dukungan PKS

Nasdem Izinkan Anies Baswedan Pilih Cawagub di Pilgub Jakarta 2024

Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim (kanan) bersama Anies Baswedan (tengah) di NasDem Tower, Jakarta, Senin (22/7/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela/aa.

Jakarta, EDITOR.ID,- Anies Baswedan dipastikan akan menjadi Calon Gubernur Jakarta 2024. Tiket maju di Pilgub Jakarta diraih Anies setelah meraih tambahan dukungan dari Partai Nasdem. Anies sebelumnya telah resmi diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memiliki 18 kursi di DPRD Jakarta.

Dengan tambahan dukungan dari Partai NasDem, jumlah persyaratan minimal 22 kursi DPRD sudah memenuhi syarat bagi Anies untuk maju di Pemilihan Gubernur Jakarta.

Hari ini secara mengejutkan Partai Nasdem resmi memberikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai calon gubernur di Pilgub Jakarta 2024.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Nasdem, Hermawi Taslim, di Markas Nasdem Tower, Jakarta, Senin (22/7/2024).

“Tapi ternyata sore ini, kami telah membulatkan tekad menyepakati untuk Pilkada Jakarta, Pak Surya Paloh yang pimpin rapat tadi langsung menetapkan Bapak Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta dari Partai NasDem,” ujar Hermawi.

Dia menjelaskan bahwa siang tadi pihaknya melakukan rapat bersama DPP Partai Nasdem dengan DPW Nasdem Jakarta untuk membahas lebih detail terkait hasil Bappilu pada 11 Mei 2024 yang mengerucut pada tiga nama, yaitu Anies Baswedan, Ahmad Sahroni, dan Wibi Andrino.

“Terus berputar dan setiap media tanya kami selalu mengatakan stok kami tiga nama itu,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Hermawi pun mengatakan sosok cagub Jakarta yang akan diusung oleh Nasdem rencananya paling lambat diumumkan pada 31 Juli 2024 sesuai dengan edaran Bappilu.

Kendati demikian, pihaknya membulatkan tekad untuk mengumumkan sosok cagub yang akan maju pada Pilgub DKI Jakarta 2024 hari ini, yaitu Anies Baswedan.

Menurutnya, Anies diberikan kebebasan untuk menentukan calon wakil gubernur. Nasdem hanya mengisyaratkan sosok pendamping Anies tidak berasal dari partainya.

Kemudian, Anies harus mendeklarasikan dirinya bersama pasangannya untuk maju di Pilgub Jakarta paling lambat 22 Agustus 2024.

“Tapi bisa lebih cepat kalau Pak Anies bisa menyelesaikan PR-nya dalam waktu tiga hari berarti tanggal 25,” pungkas Hermawi.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Anies Baswedan menyambut baik dukungan tersebut.

“Saya merasa mendapat kehormatan dan mohon rida. Amanat yang diembankan partai Nasdem ini kami terima dan kami junjung sebaik-baiknya,” ujar Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini.

Partai Nasdem memastikan dukungan terhadap Anies Baswedan dalam Pilgub Jakarta 2024 dilakukan tanpa syarat. Nasdem bahkan memberi kebebasan kepada Anies untuk memilih calon wakilnya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: