Survei Litbang Kompas: Prabowo Salip Ganjar, Anies Betah di Urutan 3

Hasil survei Litbang Kompas yang berlangsung 29 April-10 Mei 2023 itu menunjukkan potensi keterpilihan Prabowo Subianto merangsek signifikan dibanding Ganjar ke nomor satu dengan angka 24,5 persen.

Bacapres 2024

Jakarta, EDITOR.ID,- Hasil terbaru survei Litbang Kompas yang dirilis bulan Mei ini sangat mengejutkan. Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024 Ganjar Pranowo yang selama ini selalu unggul kali ini “melorot” ke urutan kedua. Ia disalip rival utamanya Prabowo Subianto. Sementara Anies Baswedan masih tak berkutik mengejar dua kandidat teratas. Anies masih terbenam di urutan ketiga.

Hasil survei Litbang Kompas yang berlangsung 29 April-10 Mei 2023 itu menunjukkan potensi keterpilihan Prabowo Subianto merangsek signifikan dibanding Ganjar ke nomor satu dengan angka 24,5 persen.

Tingkat elektoral Menteri Pertahanan (Menhan) itu meningkat 6,4 persen dibandingkan survei yang sama pada Januari 2023. Kala itu, Prabowo mendapatkan elektabilitas 18,1 persen.

“Suara untuk Prabowo meningkat signifikan, yaitu 6,4 persen, dari sebelumnya 18,1 persen pada Januari 2023 dan menjadikan elektabilitasnya berada di posisi teratas. Posisi ini sempat diraihnya, tetapi sejak Oktober 2022 hingga Januari 2023 direbut oleh Ganjar,” demikian diikutip dari Kompas.id, Rabu (24/5/2023).

Sementara itu, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar berada diurutan kedua dengan angka 22,8 persen. Elektabilitas ini justru turun 2,5 persen ketimbang survei Januari 2023, di mana ia memperoleh tingkat elektoral 25,3 persen.

Sementara elektabilitas mantan Gubernur DKI, Anies Baswedan naik sebanyak 0,5 persen dibandingkan survei Litbang Kompas Januari 2023. Namun ia tak mampu mengejar dua kandidat rivalnya. Anies tetap betah di urutan ketiga berada di angka 13,6 persen.

Kala itu, tingkat elektoral capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) itu berada di angka 13,1 persen.

Elektabilitas capres di posisi keempat dihuni oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan raihan 5,8 persen, disusul oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang memperoleh elektabilitas 1,9 persen.

Kemudian, peringkat kelima diduduki oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mendapatkan elektabilitas 1,2 persen.

Simulasi tiga nama Ganjar Menang

Sementara itu saat Litbang Kompas membuat simulasi hanya dilakukan terhadap tiga nama bakal capres yang selama ini sudah didukung parpol untuk maju. Ketiganya adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto.

Hasilnya, Ganjar Pranowo meraih elektabilitas tertinggi dengan dukungan sebesar 40 persen.
Prabowo Subianto menempati posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 36,8 persen. Lalu Anies Baswedan berada di posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 23,3 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.

%d bloggers like this: